Memahami Anarkisme Sebagai Filsafat Hidup #Jilid 003

Jumpa Lagi dong yah sama saya si Penulis Anonim. Setelah sebelumnya saya sudah menerbitkan Artikel Memahami Anarkisme Sebagai Filsafat Hidup jilid 001 dan 002, kali ini saya akan Menulis Jilid 003 nya. Sebelumnya Saya Juga mau Minta maaf nih karna artikel yang saya janjikan terbit 2 hari sekali Tidak Berjalan Sebagaimana mestinya dikarenakan ada beberapa kesibukan yang ga bisa saya tinggalin.

 
Di jilid 003 ini saya akan membahas Karakteristik Utama Anarkisme. Oiya, sebelum baca jilid 003 ini, saya saranin baca jilid 001 nya Disini dan jilid 002 nya Disini.
 
Daripada lama-lama ngebacotnya. kita langsung masuk ke materi aja yah.
 
 
 
 
Menurut sarjana anarkisme menpunyai beberapa karakteristik seperti berikut, Mahajan (2001:730) menyebutkan, Pertama, Penganut paham anarkisme mewakili sistme sosial yang berasas sukarela, tidak melakukan otoritas dalam bentuk apapun juga, Mereka berkeinginan merusak macam-macam otoritas, terutamanya, peranan gereja dan milik pribadi seumpama kapitalis. Menurut mereka agama adalah kecanduan kepada masyarakat dan statis dalam menuntut kemajuan, manakala kapitalis menyesatkan dan membohongi kaum lemah. Kedua, penganut pandangan anarkhisme mempersoalkan, kapitalisme karena menurut mereka kapitalisme merupakan penyakit ekonomi yang berlaku dalam masyarakat, kerena dengan kapitalis akan mendorong manusia untuk memiliki hak-hak pribadi yang berlebihan. Di samping itu kapitalis mendorong ke arah kejahatan demi kesengsaraan menjadi milik orang ramai (majoritas) dan kapitalis mengadakan ketidakadilan yang lemah semakin lemah dan yang kaya semakin kaya, dan juga kapitalis mendorong terjadinya peperangan, serta melumpuhkan kehidupan sosial dan rohaniah.
 
Ketiga, penganut pandangan anarkhisme anti sangat kepada hukuman, anti kekejaman, anti status, kerena tidak hanya berlebihan tetapi juga sangat berbahaya dan kejam kepada masyarakat. Oleh itu status ini harus bertanggungjawab kepada ketidaksamaan dan ketidakadilan yang berlaku dalam masyarakat. Hukuman yang sesuai dengan kesalahan memang diperlukan dalam paham ini, namun bukannya hukuman yang tidak berprikemanusiaan.
 
Dalam masyarakat penganut paham anarkhisme, keperluan status selalu muncul menyebabkan terjadinya ketidakadilan. Masyarakat penganut paham anarkhisme selalu di asaskan kepada keadilan, kebebasan dan sukarela bagi semua kaum. Di samping itu penganut paham anarkisme mempersoalkan pemeritah yang diangkat oleh rakyat, karena menurut pertimbangan mereka pemilihan umum (Pemilu) adalah sejenis penipuan. Pemilu sebagai sarana demokrasi dianggap hanya akan menghilangkan hak-hak individu, sebagai contoh, orang akan memilih wakilnya-wakilnya yang tidak dikenal dan belum pasti menjalankan surat pemilihnya. Hal ini akan terus berulang dalam setiap kali pemilu akan menjadi suatu kebiasaan buruk bagi setiap orang. Oleh karena itu anarkhisme menolak bentuk perwakilaan dalam mengambil keputusan Anarkhisme juga menolak pemilu karena ia mengundang ancaman berupa kediktaturan mayoritas. Bagi kaum anarkhis tidak ada jaminan bagi para pengikut demokrasi terhadap golongan minoritas. Hal ini seringkali terjadi ketidakpedulian hak-hak minoritas baik suku, agama. ras maupun kebudayaan. Selain itu pemilu mengandung bahaya nyata akan muncul kelompok-kelompok otoriter seperti partai komunis yang dapat dilihat dalam kasus pemilu di Polandia. Di mana partai komunis kembali memerintahkan dengan memperoleh suara mayoritas.
 
Mereka berpendapat pemerintah pilihan rakyat adalah pemeritah amatur dan tidak banyak yang boleh diharapkan dari mereka. Lagi pun pada mereka menganggap Badan Legislatif (pembuat undang-undang) pun gagal dalam menampung aspirasi, pendapat, buah pikiran atau uneg-uneg dari masyarakat umum.
 
Akhirnya pandangan anarkisme percaya kepada suatu masyarakat tanpa perbedaan golongan dan kewarganegaraan. Masyarakaat umum tersebut bekerjasama untuk tujuan tertentu, misalmya keperluan baik masyarakat umum itu sendiri. Tidak dapat paksaan dan persaingan yang dan hanya kerjasama dan tidak boleh ada konflik yang berpanjangan. Justeru pengertian anarkhisme adalah menetang ketidakadilan, ketidaksamaan dan penindasan, maka beberapa ciri-ciri khusus yang dijalankan dalam konsep anarkhisme yaitu : Anarkhis melakukan perubahan dengan cara-cara revolusioner, perubahan dilakukan dengan cara-cara menolak partai politik dan negara, menolak keadaan negara, menolak sistem demokrasi disebabkan sistem ini merupakan dasar keadaan otoriter mayoritas, mereka juga anti politk, anti kepada kepada peraturanperaturan, serta tujuan anarkisme adalah adanya masyarakat tanpa adanya negara atau undang-undang. 
 
 
Oleh sebab itulah kaum anarkis, melawan kapitalisme yang telah adanya didiskriminasi ekonomi dan menguntungkan kelas atas, Kedua melawan rasisme. Kaum anarkis menghormati derajat yang sama dan tiada membedakan bangsa, ras, warna kulit. Dan golongan ketiga. melawan saxisme. Kaum anarkhis mengangap semua jenis seks, wanita, pria dan bahkan diluar dua jenis seks itu, memiliki hak yang sama atas apapun. keempat melawan fasisme atau supranasionalis. Kaum anarkis beranggapan bahwa tiada bangsa yang melebihi bangsa lain. Kelima, melawan xenophobia-ketakutan dan kebencian apriori pada hal baru atau asing. Kaum anarkhis melawannya sebab xenophobia dapat berkembang menjadi fasisme yang beranggapan buruk semua hal yang datang dari , keenam, melawan perusakan lingkungan, habitat dan segala bentuk perusakan dan atau tindakan kekerasan terhadap semua makhluk, ketujuh, mngharamkan peperangan dan semua bentuk kekerasan atau penghancuran kehidupan adalah nista. Perang adalah sesuatu hal yang sangat tidak berguna bagi dunia dan penghuninya. Maka segala sumbernya harus segera dihapuskan.
 
 

Ingin mengekspresikan diri dan berpotensi mendapatkan penghasilan?
Yuk jadi penulis di rakyat filsafat. Setiap bulannya akan ada 3 orang beruntung yang akan mendapatkan Hadiah dari Rakyat Filsafat!

Ingin memiliki portal berita yang responsif, dinamis serta design bagus? atau ingin memiliki website untuk pribadi/perusahaan/organisasi dll dengan harga bersahabat dan kualitas dijamin dengan garansi? hubungi kami disini!

Saran Kami

Mungkin anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan

Pasang Iklan

Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Anak Desa
Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Sop Jawa Sumatera

Tertarik Mulai Menulis di RAKYAT FILSAFAT?

Ada pertanyaan? Hubungi kami di rakyatfilsafat@gmail.com