Hama Alang-Alang

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Dua hari membersihkan pohon alang-alang di kebun. Caranya, pohonnya ditarik satu persatu dengan tangan. Hasilnya, akarnya pun terbawa. Akhirnya, akarnya saya ambil lalu direbus. Tenyata khasiatnya cukup banyak. Terutama untuk ginjal, paru-paru, diare dan panas dalam.

Slot Iklan

Akar alang-alang seperti rajutan di dalam tanah. Seperti jarum dengan benangnya. Ujungnya runcing dan tajam sehingga mampu menembus tanah. Benangnya berbuku-buku yang berruas seperti bambu. Setiap ruas memiliki tulang-tulang kuat sehingga akarnya memanjang dengan sangat kokoh untuk menembus tanah yang keras. Siapakah yang menciptakan dengan sangat sempurna ini?

Akar alang-alang seperti rajutan jaring-jaring pengaman di dalam tanah. Di dalam tanah terdapat akar pohon dan bebatuan yang membuat tanah menjadi kokoh. Tanah yang gembur dan mudah longgsor pun jadi terjaga. Siapakah yang menciptakan dengan sangat sempurna ini?

Daun alang-alang tinggi menjulang dan pipih seperti pohon sereh, tetapi lebih kuat dan kokoh. Daunya dapat dimanfaatkan untuk makanan ternak kerbau. Bila tidak hati-hati, kulit akan mudah terluka karena goresan pinggir daun yang seperti silet. Goresannya di kulit bila terkena keringat, terasa panas sedikit. Pasti ada manfaatnya setiap goresanny.

Di kebun yang lapang. Dibawah teriknya sinar matahari. Tangan yang menarik tanaman alang-alang yang kokoh karena akarnya yang seperti rajutan di tanah. Seperti tengah berolahraga saja. Malamnya  badan terasa segar bukan kelelahan. Hasil rebusan airnya saya minum. Saat terbangun, air kencing saya sangat bau. Mungkinkah pembersihan ginjal? 

Bisakah pohon alang-alang menjadi bisnis? Pohonnya sangat mudah ditanam. Tak ditanam pun akan muncul dengan sendirinya. Bila serius ingin memeliharanya, bukalah peternakan kerbau. Bukalah bisnis herbal dan minuman  kesehatan. Alang-alang yang dianggap hama tanaman justru menjadi sumber kehidupan. Tak ada yang sia-sia di kehidupan ini.

Baca Juga :  Menoleh Yang Lain

Banyak yang sukses dari tumbuhan hama ini. Terutama bisnis minuman dan herbal. Saat berjalan di pinggiran Jakarta, banyak bisnis minuman yang terlahir tumbuhan alang-alang ini. Hanya butuh kreativitas dan kerja keras untuk mengubah hama tumbuhan menjadi bisnis.

Ingin mengekspresikan diri dan berpotensi mendapatkan penghasilan?
Yuk jadi penulis di rakyat filsafat. Setiap bulannya akan ada 3 orang beruntung yang akan mendapatkan Hadiah dari Rakyat Filsafat!

Ingin memiliki portal berita yang responsif, dinamis serta design bagus? atau ingin memiliki website untuk pribadi/perusahaan/organisasi dll dengan harga bersahabat dan kualitas dijamin dengan garansi? hubungi kami disini!

Saran Kami

Mungkin anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan

Pasang Iklan

Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Anak Desa
Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Sop Jawa Sumatera

Tertarik Mulai Menulis di RAKYAT FILSAFAT?

Ada pertanyaan? Hubungi kami di rakyatfilsafat@gmail.com