Resensi dan Download Ebook Belajar Konsep Logika PDF

download ebook pdf rakyat filsafat terbaru
Gambar Milik : Rakyat Filsafat

DISCLAIMER : Konten ini hanya bertujuan untuk EDUKASI. Segala jenis penyalahgunaan bukan merupakan tanggung jawab kami. Gunakan bacaan ini sebijak mungkin!

Buku “Belajar Konsep Logika” karya Murtadha Muthahhari merupakan salah satu buku referensi yang sangat penting bagi para mahasiswa, terutama dalam studi filsafat dan ilmu-ilmu sosial. Dalam buku ini, Muthahhari membahas konsep logika dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pembaca.

Slot Iklan

Muthahhari memulai buku ini dengan membahas pengertian dan sejarah logika. Ia menjelaskan bahwa logika adalah ilmu yang mempelajari cara berpikir yang benar dan dapat digunakan untuk memecahkan masalah secara sistematis. Selain itu, ia juga membahas sejarah logika mulai dari zaman Yunani kuno hingga masa modern.

Selanjutnya, Muthahhari membahas konsep dasar logika seperti premis, kesimpulan, dan inferensi. Ia menjelaskan bagaimana premis dapat digunakan untuk mencapai kesimpulan yang benar melalui inferensi. Ia juga membahas berbagai jenis inferensi seperti deduksi dan induksi serta memberikan contoh-contoh yang dapat membantu pembaca memahaminya.

Selain itu, Muthahhari juga membahas berbagai jenis argumen dan cara-cara untuk membangun argumen yang baik dan kuat. Ia memberikan contoh-contoh argumen yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti argumentum ad hominem, strawman, dan slippery slope. Dalam menjelaskan ini, ia juga memberikan kritik terhadap argumen-argumen tersebut dan mengajarkan pembaca untuk lebih kritis dalam berpikir.

Muthahhari juga membahas logika proposisional dan logika predikat. Ia menjelaskan bagaimana logika proposisional dapat digunakan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan simbol-simbol logika seperti “dan”, “atau”, dan “tidak”. Sedangkan untuk logika predikat, ia membahas bagaimana predikat dapat digunakan untuk membangun kalimat yang lebih kompleks dan memberikan contoh-contoh yang membantu pembaca memahaminya.

Baca Juga :  Prasasti Cinta Dua Agama di Era Kesultanan Banten

Dalam bab terakhir buku ini, Muthahhari membahas tentang fallasi atau kesalahan dalam berpikir. Ia menjelaskan berbagai jenis kesalahan dalam berpikir seperti generalisasi yang berlebihan, pemilihan acak, dan mengabaikan bukti yang tidak sesuai dengan pandangan kita. Ia juga memberikan contoh-contoh kesalahan tersebut dan bagaimana cara menghindarinya.

Secara keseluruhan, buku “Belajar Konsep Logika” karya Murtadha Muthahhari adalah sebuah buku yang sangat bermanfaat bagi para pembaca yang ingin mempelajari logika. Bahasa yang digunakan oleh Muthahhari mudah dipahami dan ia memberikan contoh-contoh yang membantu pembaca memahami konsep-konsep yang dibahas. Selain itu, buku ini juga memberikan kritik dan cara-cara untuk menghindari kesalahan dalam berpikir sehingga pembaca dapat lebih kritis dan lebih bijak dalam memecahkan masalah. Oleh karena itu, saya merekomendasikan buku ini bagi siapa saja yang ingin mempelajari logika.

Ingin mengekspresikan diri dan berpotensi mendapatkan penghasilan?
Yuk jadi penulis di rakyat filsafat. Setiap bulannya akan ada 3 orang beruntung yang akan mendapatkan Hadiah dari Rakyat Filsafat!

Ingin memiliki portal berita yang responsif, dinamis serta design bagus? atau ingin memiliki website untuk pribadi/perusahaan/organisasi dll dengan harga bersahabat dan kualitas dijamin dengan garansi? hubungi kami disini!

Saran Kami

Mungkin anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan

Pasang Iklan

Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Anak Desa
Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Sop Jawa Sumatera

Tertarik Mulai Menulis di RAKYAT FILSAFAT?

Ada pertanyaan? Hubungi kami di rakyatfilsafat@gmail.com