Manfaat Mempelajari Filsafat menurut beberapa tokoh

 



Pada umumnya dapat dikatakan bahwa dalam belajar filsafat semakin menjadikan orang mampu untuk menjawab pertanyaan mendasar manusia yang tidak terletak pada wewenang metode-metode ilmu khusus. Jadi filsafat membantu mendalami pertanyaan asasi manusia tentang makna realitas dan ruang lingkupnya. Kemampuan itu dipelajari melalui 2 jalur yaitu secara sistematis dan historis.

Slot Iklan
Pertama secara sistematik. Artinya filsafat menawarkan metode-metode terakhir untuk menangani permasalahan mendalam manusia, tentang hakikat kebenaran dan pengetahuan, baik pengetahuan biasa ataupun ilmiah, tentang tanggung jawab, keadilan dan sebagainya.
 
Jalur kedua adalah sejarah filsafat. Melalui sejarah filsafat kita bisa belajar unutk mendalami , menanggapi serta mempelajari jawaban yang ditawarkan oleh para pemikir dan filsuf terkemuka.
 
Kegunaan filsafat dapat dibagi menjadi 2, yakni kegunaan umum dan khusus. kegunaan umum yaitu kegunaan yang dapat diambil dari orang saat belajar filsafat dengan mendalam sehingga mampu memecahkan masalah kritis tentang segala sesuatu. Kegunaan khusu yaitu manfaat khusus yang bisa diambil untuk memecahkan masalah objeknya di Indonesia. Jadi tidak terikat oleh ruang dan waktu sedangkan umum terikat oleh ruang dan waktu.
 
Menurut sebagian para filsuf, kegunaan secara umum dari filsafat sebagai berikut.
  1. Plato merasakan bahwa berfikir dan memikirkan adalah hal yang nikmat luar biasa sehingga filsafat diberi predikat sebagai keinginan yang maah berharga.
  2. Rene Decrates yang termshur sebagai pelopor filsafat modern dan pelopor pembaruan dalam abad 17 terkenal dengan ucapannya cogito ergo sum (karena berfikir maka saya ada). Tokoh ini mempertanyakan segala-galanya tetapi dalam keadaan serta mempertanyakan itu ada satu hal yang pasti, bahwa aku bersangsi berarti berfikir,. Berfilsafat berarti berpangkal pada suatu kebenaran yang fundamental atau pengalaman yang asasi.
  3. Alfred North Whiteheadseorang filsuf modern merumuskan filsafat sebagai berikut, “Filsafat adalah kesadaran dan pandangan jauh kedepan dan suatu kesadaran akan hidup dankesadaran akan kkepentingan yang member semangat kepada seluruh usaha peradaban”.
  4. Maurice Marleau Ponty seorang filsuf modern eksistensialisme mengatakan: “Jasa dari filsafat adalah terletak pada sumber penyelidikannya, sumber itu adalah eksistensi dan segalasumber itu kita bisa berfikir tentang manusia”.
Disamping kegunaan khusus, filsafat juga berguna bagi sosial budaya Indonesia. Frans Magnis Suseno (1991) menyebutkan ada 5 kegunaan yaitu sebagai berikut.
  1. Bangsa Indonesia terletak ditengah-tengah dinamika proses modernisasi yang meliputi banyak bidang dan sebagian dapat dikemudikan melalui kebijakan pembangunan. Menghadapitantangan modernisasi dengan perubahan pandangan hidup, nilai dan norma itu filsafat membantu mengambil sikap sekaligus terbuka dan kritis.
  2. Filsafat merupakan sarana yang baik untuk menggali kekayaan kebudayaan, tradisi, dan filsafat Indonesia serta untuk mengaktualisasikannya . Filsafat yang mampu  untuk menggaliwarisan rohani yang tidak hanya secara verbalistik melainkan secara evaluatif , kritis dan reflektif sehingga kekayaan rohani banga dapat menjadi modal dalam pembentukan terusmenerus identitas modern bangsa Indonesia.
  3. Sebagai kritik ideology, filsafat membangun kesanggupan untuk mendeteksi dan membuka kdeok ideologis pelbagai bentuk keadilan sosial dan pelanggaran terhadap martabat dan asasimanusia yang masih terjadi.
  4. Filsafat merupakan dasar paling luas untuk berpastisipasi secara kritis dalam kehidupan intelektual bangsa pada umumnya yang dalam kehidupan intelektual di unibersitas danlingkungna akademis pada umumnya.
  5. Filsafat menyediakan dasar dan saran sekaligus lahan untuk berdialog di antara agama yang ada di Indonesia pada umumnya dan secara khusu dalam rangka kerja sama antaragamadlam membangun masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila.
 
Sumber: 
ASurajiyo.2008. Ilmu Filsafat. Jakarta: Bumi Aksara.
Baca Juga :  Belajar Bertahan Hidup Dari Pohon

Ingin mengekspresikan diri dan berpotensi mendapatkan penghasilan?
Yuk jadi penulis di rakyat filsafat. Setiap bulannya akan ada 3 orang beruntung yang akan mendapatkan Hadiah dari Rakyat Filsafat!

Ingin memiliki portal berita yang responsif, dinamis serta design bagus? atau ingin memiliki website untuk pribadi/perusahaan/organisasi dll dengan harga bersahabat dan kualitas dijamin dengan garansi? hubungi kami disini!

Saran Kami

Mungkin anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan

Pasang Iklan

Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Anak Desa
Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Sop Jawa Sumatera

Tertarik Mulai Menulis di RAKYAT FILSAFAT?

Ada pertanyaan? Hubungi kami di rakyatfilsafat@gmail.com