Andai Bersumber Satu

Hawa nafsu memang memecah belah manusia. Banyak ambisi kepentingan. Banyak keinginan dan kebutuhan. Banyak tujuan. Banyak kedengkian dan iri. Itulah penyebab pergesekan yang keras.
 
Hawa nafsu membuat setiap orang memiliki jalan hidup sendiri. Sesuai pikirannya. Sesuai keinginan dan kepentingannya. Sesuai bisikan hatinya. Yang tidak sejalan adalah musuh dan penentang sehingga layak untuk disingkirkan dan dihancurkan. Begitulah mengapa pergesekan dan perseteruan terus berulang.
 
Allah memberikan pertanyaan, Bagaimana bila satu hamba memiliki dua tuhan? Sekarang bukan hanya dua, tetapi sangat banyak. Itulah penyebab, mengapa manusia kebingungan menjalani hidup. Itulah penyebab, tak tahu siapa dan apa yang difokuskan. Tak tahu sekala prioritas.
 
Merasa satu suku, satu daerah, satu bahasa, satu negara di sebuah tempat yang asing, sudah cukup menciptakan persatuan, saling membantu dan menopang, menciptakan kesatuan langkah dan gerakan. Bagaimana bila satu keluarga di negri yang asing? Tentu lebih sangat mengeratkan.
 
Andai seluruh umat manusia merasakan satu keturunan. Mengapa ada nasionalisme? Mengapa ada perseteruan merasa lebih baik antar manusia dan suku bangsa karena beragam perbedaan? Mengapa ada rasa ingin menguasai dan memperbudak antar manusia?
 
Andaikan seluruh manusia menyadari bahwa setiap agama mengajarkan cara menyembah dan berbakti kepada Tuhan. Mengapa ada perseteruan atas dasar agama? Biarkan menjalankan agamanya sesuai yang diyakini. Karena semua tunduk kepada Tuhan.
 
Satu keturunan. Satu tujuan penyembahan. Mengapa tak bisa menautkan hati dan langkah? Bukankah bila menzalimi orang lain, berarti menzalimi diri sendiri. Bukankah membunuh satu manusia, sama dengan membunuh seluruh manusia? Itulah yang diajarkan Islam. Itulah keuniveraal Islam untuk seluruh manusia dan agama di muka bumi.

Ingin mengekspresikan diri dan berpotensi mendapatkan penghasilan?
Yuk jadi penulis di rakyat filsafat. Setiap bulannya akan ada 3 orang beruntung yang akan mendapatkan Hadiah dari Rakyat Filsafat!

Ingin memiliki portal berita yang responsif, dinamis serta design bagus? atau ingin memiliki website untuk pribadi/perusahaan/organisasi dll dengan harga bersahabat dan kualitas dijamin dengan garansi? hubungi kami disini!

Saran Kami

Mungkin anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan

Pasang Iklan

Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Anak Desa
Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Sop Jawa Sumatera

Tertarik Mulai Menulis di RAKYAT FILSAFAT?

Ada pertanyaan? Hubungi kami di rakyatfilsafat@gmail.com