Organisasi Mahasiswa Yang Katanya Progresif Tapi Praktiknya Konservatif, Sama Organisasi Budaya Kok Takut?

Dalam kehidupan kampus, paradoks sering terjadi di antara organisasi mahasiswa yang merasa cemas akan keberadaan organisasi budaya. Ini terasa konyol mengingat universitas seharusnya menjadi tempat inklusi dan eksplorasi budaya yang beragam. Namun, beberapa organisasi mahasiswa justru menunjukkan sikap ketakutan yang tidak masuk akal terhadap kehadiran organisasi budaya.

Para aktivis mahasiswa sering kali vokal tentang kebebasan berekspresi dan keadilan sosial, tetapi saat berurusan dengan organisasi budaya, mereka seringkali bertindak bertentangan dengan nilai-nilai tersebut. Mereka mungkin merasa terancam oleh kehadiran organisasi budaya karena takut akan kehilangan dominasi atas narasi kebudayaan di kampus.

Slot Iklan

Tetapi pertanyaannya, apa yang sebenarnya mereka takuti? Apakah mereka khawatir organisasi budaya akan mengancam eksistensi organisasi mereka? Ataukah mereka merasa bahwa budaya yang berbeda akan memecah belah solidaritas di antara mahasiswa?

Sikap takut seperti itu seharusnya ditangani dengan lebih bijaksana. Alih-alih menutup pintu, mari buka ruang untuk dialog dan pemahaman antarbudaya. Organisasi budaya bukanlah ancaman, melainkan peluang untuk memperkaya pengalaman belajar di luar kelas.

Mengatasi ketakutan terhadap organisasi budaya membutuhkan langkah-langkah konkrit. Organisasi mahasiswa dapat menyelenggarakan kegiatan bersama dengan organisasi budaya, mempromosikan pertukaran budaya, atau bahkan mengadakan forum diskusi untuk memahami perspektif budaya yang berbeda.

Kampus seharusnya menjadi ruang yang aman untuk membangun hubungan antarbudaya dan merayakan keberagaman. Jadi, mari kita hentikan sikap konyol takut terhadap organisasi budaya dan buka diri untuk memperkaya pengalaman belajar di lingkungan kampus kita.

Baca Juga :  Kata Alumni : Bubarkan HMI atau Jualan Sarung Saja. Aku : Loh Kok Mirip Pernyataan Aidit?

Ingin mengekspresikan diri dan berpotensi mendapatkan penghasilan?
Yuk jadi penulis di rakyat filsafat. Setiap bulannya akan ada 3 orang beruntung yang akan mendapatkan Hadiah dari Rakyat Filsafat!

Ingin memiliki portal berita yang responsif, dinamis serta design bagus? atau ingin memiliki website untuk pribadi/perusahaan/organisasi dll dengan harga bersahabat dan kualitas dijamin dengan garansi? hubungi kami disini!

Saran Kami

Mungkin anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan

Pasang Iklan

Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Anak Desa
Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Sop Jawa Sumatera

Tertarik Mulai Menulis di RAKYAT FILSAFAT?

Ada pertanyaan? Hubungi kami di rakyatfilsafat@gmail.com