Kezaliman Menghancurkan Pelakunya

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Jangan membuat rencana jahat. Jangan menolong orang yang membuat rencana jahat. Karena, rencana jahat itu akan menimpa orang yang merencanakannya sendiri. Inilah prinsip abadi yang berlaku. Inilah kejadian yang akan terus terjadi di setiap zaman dan generasi. Namun mengapa manusia terus membuat rencana jahat?

Slot Iklan

Jangan melakukan kezaliman. Jangan pula menolong orang yang berlaku zalim. Karena, bahaya kezaliman akan menimpa kepada pelakunya sendiri. Inilah prinsip abadi yang berlaku. Inilah kejadian yang akan terus terjadi di setiap zaman dan generasi. Namun mengapa manusia terus berbuat kezaliman?

Siapakah yang siksaannya paling cepat ditimpakan kepada pelakunya di dunia? Juga siksaan lain masih tersimpan di akhirat? Para pelaku kezaliman akan merasakan ke dua gabungan siksaan ini. Disegerakan siksaan di dunia juga disimpannya pula di akhirat. Inilah hukum abadi yang berlaku di kehidupan ini.

Dalam kitab Zuhud Abdullah Ibnu Mubarak prinsip ini dijelaskan. Selama akibat kezaliman disegerakan, maka orang yang zalim seperti menzalimi dirinya sendiri.  Namun para ulama melihat kenyataan yang aneh, “Tidakkah kita melihat bagaimana kezaliman mengancam pelakunya, sementara orang yang berbuat zalim terus saja melakukan kezaliman.”

Seorang ulama melakukan sesuatu, walaupun tak bisa dijerat unsur pidana tetap saja dipenjarakan. Seorang penguasa melakukan hal yang sama, namun tak pernah dijerat hukum. Seorang ulama menguasai tanah dengan membeli dari masyarakat dipenjarakan. Para pengusaha yang menguasai hutan lalu merusaknya, tetap terus dibela.  Itulah potret kezaliman yang sangat mudah dipahami.

Mustafa Kemal menghancurkan kekhalifahan Turki Utsmani agar tidak berdiri lagi. Memberangus Islam dari Turki dengan menghidupkan kekuatan Nasionalisme dan Sekulerisme. Bagaimana akhirnya? Yang hancur justru yang dibela dan diperjuangkannya. Dirinya pun diazab dengan derita yang menyakitkan.

Baca Juga :  Revolusi Perancis (Irawan Santoso Shiddiq)

Bagaimana dengan Amerika dan Israel yang terus mengupayakan penghapusan negri Palestina? Bagaimana kondisi Eropa yang dulu menjajah negara dunia ketiga? Semua rencana jahat. Semua prilaku kezaliman akan kembali kepada yang merencanakan dan para pelakunya.

Ingin mengekspresikan diri dan berpotensi mendapatkan penghasilan?
Yuk jadi penulis di rakyat filsafat. Setiap bulannya akan ada 3 orang beruntung yang akan mendapatkan Hadiah dari Rakyat Filsafat!

Ingin memiliki portal berita yang responsif, dinamis serta design bagus? atau ingin memiliki website untuk pribadi/perusahaan/organisasi dll dengan harga bersahabat dan kualitas dijamin dengan garansi? hubungi kami disini!

Saran Kami

Mungkin anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan

Pasang Iklan

Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Anak Desa
Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Sop Jawa Sumatera

Tertarik Mulai Menulis di RAKYAT FILSAFAT?

Ada pertanyaan? Hubungi kami di rakyatfilsafat@gmail.com