Pergaulan Peradaban (2)

Oleh: Nasrulloh Baksolahar

Bagaimana cara kaum Musyrikin bertawaf? Salah satunya dengan bertelanjang. Apakah asalnya seperti itu? Lihatlah barisan patung-patung yang disembah oleh kafir Quraisy, apakah sebelumnya ada? Banyak kisah-kisah yang menceritakan bagaimana terjadi semua itu.

Slot Iklan

Dalam keburukan orang kafir Quraisy, apakah tidak ada kebaikannya? Ternyata ada juga adab-adab yang diwariskan oleh Nabi Ibrahim dan Ismail yang tetap dijaga. Adab-adab ini justru dibakukan sebagai bagian sunnah Rasulullah saw dan berpahala yang besar pula. Jadi bagaimana memandang peradaban saat ini?

Seluruh peradaban asalnya Islam, kemudian berpecah-pecah. Seluruh peradaban awalnya hanif (lurus) sesuai fitrah manusia, kemudian menyimpang. Ingat kisah penyimpangan kaum Nabi Nuh? Yang awalnya bertauhid. Lalu mencintai dan menghormati orang sholeh. Terakhir, disimpangkan oleh  syetan dan hawa nafsu. Begitulah siklus peradaban.

Bagaimana cara pandang terhadap berbagai peradaban kafir yang saat ini sedang menggenggam dunia? Asal peradaban mereka adalah Islam dan sesuai fitrah. Berbagai pengalaman yang menempanya membuat berbagai penyimpangan. Namun dalam peradaban mereka ada juga sisa-sisa kebaikannya. Jadi, berinteraksilah dengan sisa-sisa kebaikannya.

Pengambilan budaya yang baik dari   Kafir Quraisy ke dalam sunnah Rasulullah saw mencerminkan bahwa interaksi peradaban bukan saja “mengikis” yang tidak sejalan dengan prinsip yang substansial semata. Mengganti peradaban yang merusak tetapi juga melanjutkan kebaikan dari peradaban yang sudah ada.

Yang bermanfaat tetap terjaga. Yang buih hilang terhempas. Dalam setiap peradaban ada fitrah Insaniah dan kebaikan universal yang terus terjaga, ini menjadi wahana berkomunikasi, penyatuan hati dan kesatuan langkah semua peradaban.

Di era Khalifah Al Makmun dinasti Abbasiyah, kaum muslimin menghimpun buku-buku yang tercecer dan terbuang dari peradaban Yunani, Romawi, Persia dan India. Lalu, diterjemahkan ke dalam bahasa Arab. Ini artinya kaum muslimin sejak lama menjaga dan melanjutkan kemanfaatan yang ada di setiap  peradaban yang pernah ada di jagat raya.

Ingin mengekspresikan diri dan berpotensi mendapatkan penghasilan?
Yuk jadi penulis di rakyat filsafat. Setiap bulannya akan ada 3 orang beruntung yang akan mendapatkan Hadiah dari Rakyat Filsafat!

Ingin memiliki portal berita yang responsif, dinamis serta design bagus? atau ingin memiliki website untuk pribadi/perusahaan/organisasi dll dengan harga bersahabat dan kualitas dijamin dengan garansi? hubungi kami disini!

Saran Kami

Mungkin anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan

Pasang Iklan

Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Anak Desa
Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Sop Jawa Sumatera

Tertarik Mulai Menulis di RAKYAT FILSAFAT?

Ada pertanyaan? Hubungi kami di rakyatfilsafat@gmail.com