Spiritual Journey For Business (1)

Oleh: Nasrulloh Baksolahar 

Mengapa Rasulullah saw dengan mudah membutuhkan Mekah? Salah satunya mengunci pergerakan ekonomi kafir Quraisy. Rasulullah saw memotong jalur bisnis mereka ke Syam. Memotong jalur suplai peralatan senjata dari Syam. Karena saat itu persenjataan terbaik dan kualitas besi terbaik berasal dari Syam. Inikah rahasia Allah memilih Madinah sebagai titik hijrah?

Slot Iklan

Rasulullah saw mengirim pasukan kecil untuk memotong dan menyempit kalifah dagang Quraisy. Pemimpin pertamanya adalah Abdullah bin Jashi. Mengapa pergerakan ini selalu berhasil? Karena setiap pergerakan dilakukan dengan sangat rahasia. Para komandan pasukan baru diperbolehkan membuka surat perintah Rasulullah saw setelah dua hari perjalanan.

Bagaimana menghadapi situasi perekonomian Madinah yang sudah dikuasai oleh gurita bisnis Yahudi? Rasulullah saw mempersatukan hati dan tujuan hidup dengan mempersaudarakan Muhajirin dan Anshar. Persaudaraan inilah yang kelak menghancurkan bisnis Yahudi.  Karena strategi bisnis Yahudi salah satunya dengan menimbulkan perselisihan diantara suku Aus dan Khadraj sehingga transaksi bisnis tidak sesama dengan penduduk Madinah tetapi dengan Yahudi.

Kaum Anshar kebanyakan adalah petani. Kaum Muhajirin adalah pedagang. Bagaimana bila pemilik sumber daya diintegrasikan dengan  yang ahli memasarkan dan memiliki jaringan internasional? Inilah kekuatan kaum Anshar dan Muhajirin untuk memotong bisnis gurita Yahudi. Untuk menghancurkan ini, Yahudi selalu memecah belah antara Anshar sendiri juga antara Anshar dan Muhajirin.

Keberhasilan melemahkan gurita bisnis Yahudi ditandai dengan keberhasilan Abdurahman bin Auf menikah dengan mas kawin beberapa gram emas. Utsman bin Affan berhasil membeli sumur air dimana sebelumnya orang Yahudi berhasil memonopolinya.

Mengapa Kafir Quraisy meminta Rasulullah saw membatalkan perjanjian Hudaibiyah? Perjanjian ini merugikan Quraisy secara ekonomi. Karena orang muslim yang baru masuk Islam setelah perjanjian Hudaibiyah ditangkapi dan dipenjara berhasil meloloskan diri dan mengganggu jalur alternatif perdagangan ke Syam. Seluruh jalur perekonomian Quraisy akhirnya terkunci.

Baca Juga :  Spiritual Journey For Business (2)

Gerakan dakwah Rasulullah saw bukan sekedar membangun jiwa dan hati. Tetapi bagaimana kebersihan hati dan jiwa didayagunakan untuk membangun peradaban. Bukan sekedar ritual ibadah, tetapi bagaimana energi Ilahiyah didayagunakan untuk menjadi guru peradaban dunia. Salah satunya dengan membangun kekuatan ekonomi.

Ingin mengekspresikan diri dan berpotensi mendapatkan penghasilan?
Yuk jadi penulis di rakyat filsafat. Setiap bulannya akan ada 3 orang beruntung yang akan mendapatkan Hadiah dari Rakyat Filsafat!

Ingin memiliki portal berita yang responsif, dinamis serta design bagus? atau ingin memiliki website untuk pribadi/perusahaan/organisasi dll dengan harga bersahabat dan kualitas dijamin dengan garansi? hubungi kami disini!

Saran Kami

Mungkin anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pasang Iklan

Pasang Iklan

Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Anak Desa
Klik Gambar Untuk Mengunjungi Warung Sop Jawa Sumatera

Tertarik Mulai Menulis di RAKYAT FILSAFAT?

Ada pertanyaan? Hubungi kami di rakyatfilsafat@gmail.com